Penjara Lama Bukit Tinggi

Sepertinya foto dari KITLV ini diambil dari arah Jam Gadang, yang menarik hati kami ialah barisan pohon pelindung yang kini telah tiada, sungguh permai masa itu. Kemudian apabila tuan layangkan pandangan ke arah kiri maka akan tampak kawasan persawahan. Tampak tumpukan bangunan seperti rumah dan di depannya (di tepi sawah) terdapat barisan gerbong sedang berhenti di Stasiun Kereta Api. (Tentang Cagar Budaya Stasiun KA Bukit Tinggi, klik DISINI)

Tuan turunkan pandangan, di sudut bawah sebelah kiri terdapat bangunan penjara yang merupakan bangunan tertua yang ada di Bukit Tinggi hingga kini. Di depannya (paling sudut) terdapat sebuah bangunan rumah, apakah masih ada hingga kini?

Foto di atas merupakan foto yang sama dengan gamabr pertama, tampak dengan jelas bangunan penjara dan rumah yang terletak di tepi jalan. Rumah tersebut tampak asri karena berpagarkan tanaman serta dipayungi oleh batang kayu tinggi yang rimbun.

Foto di atas juga merupakan foto yang sama dengan yang pertama, tampak bangunan stasiun dan perumahan di belakangnya. Sepertinya bangunan stasiun tidak hanya satu, apabila kita perhatikan gambar di atas.

Foto diatas diambil dari Tropenmuseum, berasal dari masa tahun 1870 dan tampak suasana masih lengang dengan bangunan. Bangunan stasiunpun tidak tampak. Foto ini sudah pernah kami terbitkan pada kiriman kami yang berjudul Penjara Lama 1870.

Foto diatas sama dengan foto sebelumnya, tampak bangunan penjara Bukit Tinggi yang merupakan bangunan tertua di kota ini.

Foto: IG Sumatrain

Baca Juga:
1. 41. Penjara Lama
2. Penjara Lama 1870

2 Comments Add yours

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.