Balakang Pasa ’94

Sebuah gambar dari tahun 1994 tatkala Belakang Pasa masih ada. Los Saudagar atau ada juga yang mengenalinya dengan nama Pasar Lorong Saudagar dengan arsitekturnya yang khas kolonial. Bagi yang mendapati tatkala kawasan ini masih ada, tentnya memiliki banyak kenangan. Sungguh malang bagi yang mengalami tak berjumpa vibes masa itu.

Sebenarnya Los Saudagar bukan satu-satunya, jajaran ruko di samping Los Galuang atau Pasa Batingkek atau bangunan Pasa Ateh sekarang, pada dahulu memiliki arsitektur yang sama. Namun sayangnya telah diruntuhkan dan diubah pada tahun 1977, tak lama setelah bangunan Pasa Batingkek selesai dibangun. Mungkin maksudnya untuk menyelaraskan dengan gaya arsitektur Pasa Batingkek namun sayang tak bertahan lama. Kini, tampak sekali kontrasnya.

Bangunan ruko di seberangnya yang dipisahkan oleh Jalan Minangkabau, memang tidak diubah serentak, beberapa ruko lama peninggalan masa Belanda masih bertahan. Namun Kami yakin, tinggal menanti masa sahaja, begitu ada dana dan kekuasaan, bangunan ruko tersebutpun akan dirubuhkan dan diganti dengan yang baru.

Sekarang, kita hanya menikmati kekayaan masa lalu hanya melalui gambar-gambar lama yang mengabadikan masa itu. Ada keinginan dari beberapa orang hendak membangun ulang dengan langgam arsitektur lama, namun kami yakin itu hanya sekadar keinginan. Para pemodal tentunya menghitung untung rugi dibandingkan yang lain.

===

Baca Juga:

  1. [39] Los Saudagar
  2. Balakang Pasa a.k.a Los Saudagar

1 Comments Add yours

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.