Upaya Pembunuhan terhadap Bung Hatta

Picture: http://arahkiri2009.blogspot.co.id

Arrestaties in Zuid-Sumatra

Bintang Timur” meldt dat sinds de komst van dr. Hatta te Palembang door de gezaghebbers aldaar arrestaties op grote schaal zijn verricht. Tientallen leiders van jongerenorganisaties arbeiders- en boerenbonden en progressieve partijen zijn gearresteerd onder beschuldiging “een complot te hebben gesmeed om Hatta te mermoorden”en “sabotage” plegen om de opbouw in Zuid-Sumatra te belemmeren. De komst van Hatta schijnt Palembang in een fantastische stad te hebben veranderd.”

***

Laporan Het Nieuwsblad voor Sumatra (Medan) edisi 6 Juli 1957, merujuk surat kabar Bintang Timur, tentang adanya komplotan yang hendak membunuh Wakil Presiden Mohamad Hatta yang berkunjung ke Sumatera Selatan. Sebagaimana dapat disimak dalam laporan di atas, disebutkan bahwa telah diketahui ada “konspirasi untuk membunuh [Bung] Hatta” dan juga ada pihak-pihak yang akan melakukan “sabotase”.

Untuk menjaga keselamatan Wakil Presiden, otoritas pemeritnah di Palembang telah melakukan menangkapan dalam skala besar terhadap orang-orang yang dicurigai. Mereka yang ditangkap antara lain berasal dari anggota organisasi pemuda, seritakt buruh dan petani, dan anggota partai progresif.

Selama ini, jarang kita mendengar dari risalah para sejarawan bahwa Bung Hatta ternyata juga pernah mengalami ancaman pembunuhan.

DrSuryadi – Leiden University, Belanda / Padang Ekspres, Minggu 19 November 2017
_____________________

 

Disalin dari Blog Engku Suryadi Sunuri: https://niadilova.wordpress.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.