Bung Hatta & Pekan Buku 1954

Merdeka, No.38, Th. VII, 18 September 1954, hlm.8

Sumber: Madjalah Merdeka, No.38, Th. VII, 18 September 1954: 8

Catatan:

Kunjungan Bung Hatta ke Pekan Buku Indonesia pertama ini menunjukkan kecintaan sang proklamator itu kepada buku. Pekan Buku Indonesia Pertama digelar di Jakarta pada Agustus/awal September 1954 yang diselenggarakan oleh N.V. Gunung Agung. Tujuannya:

terutama sekali adalah untuk memperkenalkan buku2 dan pengarang2 bangsa Indonesia jang dewasa ini pertumbuhannja sedikit sekali baru diketahui oleh masjarakat
Beribu-ribu pengunjung membandjiri ruang pameran itu setiap harinja. Dan pada umumnja diantara mereka jg. datang itu adalah orang2 jg. membutuhkan dan haus akan seluk beluk buku2 jang diterbitkan oleh bangsa Indonesia. Kurang lebih 10.000 buah buku2 telah disumbangkan oleh penerbit2 buku diseluruh Indonesia, ditambah dengan harian2, madjalah2, risalah2 dan lain sebagainja jg. ditulis dlm bahasa Indonesia atau bahasa daerah jang dikeluarkan semendjak petjahnja revolusi, baik didalam maupun diluar negeri” (Merdeka, No.38, Th. VII, 18 September 1954: 8). Disebutkan pula bahwa N.V. Gunung Agung sedang menyusun katalog judul-judul buku yang terbit sampai pada masa itu.

Disalin dari blog Engku Suryadi Sunuri: https://niadilova.wordpress.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s