Jam Gadang & Bendi

Jam Gadang (Clock Tower) in this picture has gonjong in the roof, this indicate that this picture taken in the era of Republick of Indonesia. The building from the colonial period is still there and as well with the two pillar in front of Jam Gadang. Many Bendi (hansome cab) park in front of Jam Gadang, like this time the park was moved to another side. This picture have a year 1950-1970’s.
________________________________________________
Pada gambar ini telah ada gonjong pada atap Jam Gadang, kemungkinan foto ini diambil selepas kemerdekaan. Sesuai dengan keterangan pada foto ini yakni sekitar tahun 1950-1970an. Bangunan pada sebelah kanan Jam Gadang masih ada, bangunan ini merupakan warisan Kolonial Belanda. Kalau kami tiada salah, dimasa kemerdekaan bangunan itu dijadikan sebagai kantor penerangan, kemudian diruntuhkan dibuat bangunan baru bergonjong yang konon kabarnya ialah bangunan Kantor Pos. Dan kini tidak ada satu bangunanpun di dekat Jam Gadang.

Demikian pula dua buat tiang yang masih tersisa yang terdapat di hadapan Jam Gadang, pada masa sekarang tidak ada satu tiangpun. Dahulu di masa Belanda ada satu tiang yang memiliki Patung Cupid di atasnya. Dan tampaknya pada masa foto ini diambil, tiang tersebut sudah tidak ada.

Ramai bendi parkir menanti penumpang di hadapan Jam Gadang, sama keadaannya dengan masa sekarang. Hanya saja pada masa sekarang parkir bendi sudah dialihkan ke sisi lain dari Jam Gadang. Yakni di hadapan bangunan yang berada di sebelah Jam Gadang sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s